Breaking News

Bayi Happy Lahap Selain ASI, Coba Rekomendasi Makanan Padat nan Sehat Ini

Makanan padat pertama bayi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pada saat bayi mulai memasuki usia enam bulan, si kecil sudah mulai membutuhkan konsumsi makanan padat, selain mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI). Ketika memasuki usia tujuh atau delapan bulan, penting bagi bayi untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. 

Selain ASI dan susu formula, buah hati bisa mulai mengonsumsi sereal bayi, daging atau protein lainnya, buah, sayur, biji-bijian, yogurt, dan keju. Terkait jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter anak untuk memberikannya. 

Selain itu, sebaiknya perkenalkan makanan padat ini satu per satu saat makan. Memberi anak jenis makanan yang berbeda secara perlahan ini bisa membantu untuk melihat apakah buah hati alergi dengan suatu makanan atau tidak. 

Melansir The Health Site, Senin (25/4/2022), berikut makanan yang sebaiknya disantap oleh buah hati saat mulai belajar konsumsi makanan padat:

Alpukat

Alpukat merupakan makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh sehat yang bisa membantu mempercepat perkembangan otak. Tumbuk alpukat menggunakan garpu hingga cukup halus untuk diberikan pada buah hati.

Pisang

Pisang merupakan sumber nabati yang sangat baik, karena mengandung potasium, vitamin B6 dan C, kalsium, serta zat besi yang sehat. Bunda bisa tumbuk dan haluskan pisang agar lebih mudah dikonsumsi buah hati.

Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat baik untuk si kecil. Kandungan ini bisa bermanfaat bagi mata, otak, serta saluran urine buah hati.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan serat, folat, serta kalsium yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Bunda bisa mengukus sayur ini hingga empuk kemudian dinginkan dan potong kecil-kecil.

Ubi

Ubi merupakan makanan yang sangat disukai anak-anak karena rasa manis dan tekstur di dalamnya. Makanan ini juga merupakan sumber yang kara beta karoten, vitamin C, serta mineral. (tim redaksi)

#makananpadatuntukbayi
#makananpendampingasi
#airsusuibu
#asi
#rekomendasimakanan
#tipsmenusehatbayi
#makananbernutrisi

Tidak ada komentar