Breaking News

Banyak Bus Tak Lolos Ramp Check, Wajib Lengkapi Maksimal H-7!

Terminal bus. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Bus menjadi transportasi darat favorit masyarakat untuk pulang kampung. Maka itu, pengecekan terhadap surat dan kelayakan armada juga penting dilakukan.

Untuk membantu menunjang pelayanan mudik lebaran, Dinas Perhubungan Kota Depok melakukan pemeriksaan fisik dan pengecekan surat (Ramp Check). Dari sana, terlihat masih ada sejumlah bus yang belum memenuhi kriteria ramp check di Terminal Jatijajar Depok.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Eko Herwiyanto mengatakan, dari 180 armada yang kami lakukan ramp check, terdapat sejumlah armada belum memenuhi kriteria,” ujar Eko kepada wartawan, dikutip Kamis (21/4/2022).

Pihaknya rutin menggelar sidak ramp check sejak awal Ramadhan hingga 14 April. Dari pengecekan langsung tersebut terdapat sejumlah bus yang harus melengkapi kelengkapan kendaraan, supaya bus tersebut dapat beroperasi dengan layak saat mudik lebaran.

"Kami masih menemukan bus yang kaca spionnya pecah dan temuan lainnya,” bebernya. Armada bus yang belum lolos ramp check akan kembali dicek.

"Maksimal H-7 hari raya Idul Fitri semua armada bus wajib sudah melengkapi persyaratan baik fisik maupun surat kendaraan,” tegasnya. Jika tidak, maka akan dibatalkan kepesertaan sebagai armada bus mudik.

Ia juga menambahkan, pihaknya ikut menyosialisasikan terkait program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub dengan mendaftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Kota Depok menjadi salah satu kota yang akan memberangkatkan mudik lebaran.

"Sudah kita sosialisasikan mudik gratis. Nanti sekitar 48 bus kita sediakan,” imbuhnya. 

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis tahap kedua Kemenhub, dapat mendaftarkan diri dan melengkapi dokumen kependudukan. Selain itu, pemudik wajib melakukan vaksinasi dosis lanjutan setelah melengkapi vaksin dosis kedua.

"Untuk kota tujuan mudik gratis meliputi sejumlah Kota wonogiri, Semarang, Purwokerto dan sejumlah kota lainnya,” tuntasnya. (tim redaksi)

#terminaljatijajardepok
#rampcheck
#belumlayak
#kekurangansurat
#mudikgratis
#armadabus
#mudiklebaran2022

Tidak ada komentar