Breaking News

Aturan Turunan UU IKN Sudah Rampung, Suharso: Dua Perpres dan Dua Peraturan Pemerintah

Rencana bentuk Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru di Kalimantan Timur. Foto: Kementerian PUPR

WELFARE.id-Aturan turunan berupa petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak/juknis) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) untuk dasar pembangunan Ibu Kota Baru Nusantara yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus dipersiapkan. 

Bahkan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyebut, aturan turunan UU Nomor 3/2022 tentang IKN itu telah rampung. 

Dia mengatakan, ada enam aturan turunan dari UU IKN yang terdiri atas dua peraturan presiden (perpres), dan empat peraturan pemerintah (pp) telah rampung dibuat.

"Sudah dong, kan sesuai dengan undang-undang kan," ujar Suharso ketika ditanya terkait perkembangan pembahasan aturan turuna UU IKN di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Pullman Hotel, Jakarta, Jumat (15/4/2022).

Meski begitu, Suharso meminta agar terkait aturan turunan UU IKN ditanyakan langsung kepada Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono. "Itu kan sudah rampung. Lebih baik Anda tanyakan ke Kepala Otoritanya," ujar Ketua Umum PPP ini juga.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong menyampaikan, saat ini pemerintah masih menyusun aturan turunan Undang-Undang Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Setelah dilakukan dialog publik pada 22-23 Maret 2022 lalu, berbagai masukan untuk rancangan peraturan pelaksanaan UU IKN itupun masih dalam tahap pengolahan turunan berupa juklak dan juknis. (tim redaksi)


#ibukotanegara
#iknnusantara
#kalimantantimur
#provinsikaltim
#menterippn/bappenas 
#suharsomonoarfa

Tidak ada komentar