Breaking News

Arus Mudik Terus Mengalir, H-9 Lebaran Sudah 312.755 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Ilustrasi kendaraan pemudik mulai memasuki gerbang Cikarang Utama menuju arah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Foto: Antara

WELFARE.id-Sembilan hari menjelang Lebaran 2022 atau H-9 semakin banyak warga Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang pulang kampung ke arah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Provinsi Jawa Timur (Jatim) serta arah Pulau Sumatera pada Sabtu (23/4/2022). 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek hingga H-9 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

”Total volume lalu lintas (lalin) yang meninggalkan wilayah Jabotabek turun 7,8 persen dibandingkan kondisi normal pada periode November 2021 dengan total 339.205 kendaraan," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/4/2022). 

Heru menambahkan, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). 

”Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 145.990 kendaraan (46,7 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 96.527 kendaraan (30,9 persen) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 70.238 kendaraan (22,5 persen) menuju arah Selatan (Puncak)," paparnya. 

Sedangkan untuk distribusi lalin ke arah timur, kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 76.971 kendaraan, meningkat sebesar 0,2 persen dari kondisi normal. 

Adapun kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 69.019 kendaraan, turun sebesar 13 persen dari lalin normal.

Sedangkan total kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 145.990 kendaraan, turun sebesar 6,5 persen dari lalin normal. 

Untuk distribusi lalin ke arah barat, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 96.527 kendaraan, turun 6,7 persen dari lalin normal.

Sementara itu arus kendaraan menuju arah selatan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 70.238 kendaraan, turun sebesar 11,8 persen dari lalin normal. 

PT Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak) saat berada di rest area atau tempat istirahat. (tim redaksi)

#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#arusmudik
#kendaraantinggalkanjakarta
#tinggalkanibukota
#ptjasamarga
#gtcikupa(arah merak)
#gtciawi(arah puncak)
#gtcikampekutama

Tidak ada komentar