Breaking News

Art Jakarta Gardens 2022, Asiknya Menikmati Seni di Taman Kota

Art Jakarta Gardens 2022.  Foto : instagram @lawrencetjandra

WELFARE.id-Belum ada rencana mau ngabuburit dimana? Nah, ada satu tenpat dimana kita bisa ngabuburit sambil menikmati karya seni lho. Namanya Art Jakarta Gardens 2022. Berlokasi di Hutan Kota by Plataran, sederet patung karya para perupa Indonesia dan asing dipamerkan dengan apik di beberapa titik. Pameran ini sendiri masih berlangsung hingga Kamis (14/4/2022) mendatang. 

Karya kreatif itu bahkan bisa ditemui sejak di area masuk. Dijuduli Sayap Suka Cita, karya instalasi itu berwujud beberapa gamelan dicat biru dipasang membujur menggantung di rangka stainless steel. Tak hanya fisik, suara gamelan juga mengalun dengan lembut seperti membius.  

Penciptanya adalah Aaron Taylor Kuffner, seniman asal New York, Amerika Serikat. Ia cukup lama tinggal di Yogyakarta dan Bali untuk mempelajari instrumen musik tersebut sebelum membuat kreasinya sendiri.  

Menyusuri jalan setapak, Anda akan menemukan karya menggelitik dari Wiyoga Muhardanto. Yakni sejumlah patung berbentuk tas-tas mewah ditata seperti melingkar di atas rumput. Yang paling kentara adalah tas Birkin dan tote bag bertuliskan Fendi, seolah merepresentasi para sosialita yang kerap menenteng tas mewah saat arisan. 

Art Jakarta Gardens merupakan konsep eksibisi terbaru yang digelar Art Jakarta dengan menonjolkan karya seni tiga dimensi. Lokasinya sengaja memanfaatkan area luar ruang untuk memberikan apresiasi yang layak bagi seni patung. Di samping, sirkulasi udara lebih baik saat di tempat terbuka. 

''Pameran di ruang terbuka dapat lebih mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya. Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra saja,'' ujar Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto. 

Ia menyampaikan bahwa Art Jakarta Gardens 2022 merupakan realisasi dari komitmen untuk membangkitkan semangat di ekosistem seni Indonesia. 

Total ada 40 patung yang dipajang di ruang terbuka, dan puluhan lukisan dari 20 galeri seni yang berpartisipasi di dua tenda besar. Pengunjung diwajibkan meregistrasi secara daring dan membayar Rp150 ribu bila ingin memasuki area tenda. Pameran gratis hanya berlaku bagi karya patung yang dipajang di area taman. (tim redaksi)

#pameranseni
#artjakartagardens2022
#plataransenayan
#senayan
#ngabuburit

Tidak ada komentar