Breaking News

Amankan Demo Mahasiswa, Mahfud MD: Aparat Jangan Bertindak Refresif!

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Aksi demonstrasi mahasiswa yang akan digelar Senin (11/4/2022) ditanggapi serius oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Ia mengingatkan aparat yang bertugas mengamankan demonstrasi itu tidak berlaku represif.

"Tidak boleh ada kekerasan, tidak boleh membawa peluru tajam, juga jangan sampai terpancing oleh provokasi," terang Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube Kemenko Polhukam, Sabtu (9/4/2022). 

Selain itu juga, mantan Menteri Pertahanan (Menhan) RI era Presiden GusDur itu juga berharap mahasiswa bisa mematuhi aturan ketika mengikuti demonstrasi untuk menyuarakan hak-hak yang diperjuangkan.

Lantaran, pemerintah menghargai unjuk rasa mahasiswa sebagai bagian dari demokrasi. "Dalam menyampaikan aspirasi supaya dilakukan dengan tertib, tidak anarkis, dan tidak melanggar hukum," cetus Mahfud juga.

Untuk diketahui, massa gabungan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa  Seluruh Indonesia (BEM SI) sejumlah kampus berencana menggelar aksi demonstrasi besar-besaran yang dipusatkan di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/4).

Ada lima tuntutan yang dibawa mahasiswa dalam aksi yang akan digelar Senin (11/4/2022) tersebut. Pertama, mahasiswa mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegas menolak wacana menunda Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Selain itu juga, mahasiswa mendesak dan menuntut Presiden Jokowi menunda dan mengkaji ulang Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Selanjutnya, mahasiswa menuntut Presiden Jokowi bekerja maksimal menstabilkan harga bahan pokok. Mahasiswa juga mendesak Presiden Jokowi mengusut tuntas kasus mafia minyak goreng. Terakhir, mahasiswa meminta Presiden Jokowi menyelesaikan konflik agraria di Tanah Air. (tim redaksi)


#aksidemonstrasi
#mahasiswa
#badaneksekutifmahasiswa
#bemsi
#istananegara
#menkopolhukam
#mahfudmd

Tidak ada komentar