Breaking News

18 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Bersama Keluarga di Jadetabek

Sejumlah warga bersama keluarganya menikmati sore di Hutan Kota Gelora Bung Karno yang berlokasi di Jakarta Pusat. Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit adalah salah satu momen yang paling khas selama Ramadan. Biasanya, masyarakat akan melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik untuk menunggu azan maghrib.

Kegiatan ngabuburit yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat adalah mengunjungi lokasi-lokasi wisata atau berburu makanan untuk berbuka seperti takjil. 

Di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) terdapat banyak tempat gratis yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman untuk ngabuburit. 

Enaknya lagi, tempat-tempat ini juga umumnya menyediakan jajanan untuk berbuka. Berikut daftarnya: 

1. Hutan Kota Gelora Bung Karno

Area terbuka hijau ini sedang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Di sini, Anda bisa duduk santai di taman dengan latar belakangan pemandangan gedung-gedung tinggi di kawasan SCBD. 

Banyak kegiatan lain juga yang bisa dilakukan seperti bersepeda untuk anak-anak, bermain sepatu roda hingga jogging. Hutan Kota GBK juga memiliki area foodcourt dan kios makanan sehingga Anda tidak perlu bingung saat mencari takjil.
 
2. Kawasan Kota Tua

Lokasi ini tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Jabodetabek. Sambil menunggu bedug Maghrib, Anda bisa berkeliling dengan sepeda onthel, foto bersama manusia patung, mengunjungi museum hingga berfoto dengan latar bangunan khas Belanda.

Anda juga bisa menikmati beragam kuliner di kawasan ini, mulai dari makanan kaki lima, kafe hingga restoran. Akan tetapi, untuk masuk ke sini memang dikenakan tarif yakni Rp10 ribu–Rp25 ribu per orang.
 
3. Taman Menteng

Berada di tengah-tengah kota, taman ini memiliki ciri khas rumah kaca. Di Taman Menteng, Anda bisa sekadar duduk-duduk di bangku taman, bermain basket, jogging hingga mengajak anak bermain di arena permainan. Tak jauh dari lokasi ini juga terdapat ruko-ruko yang menjajakan makanan ringan hingga berat.

4. Tribeca Park

Meski berada di kawasan Centra Park Mal, taman ini memiliki berbagai jenis tanaman dengan pohon-pohon yang melingkar. Ada juga kolam ikan koi dan kura-kura. Selain duduk santai, Anda bisa beraktivitas fisik ringan. Saat azan tiba, Anda bisa berbuka di Central Park Mal.

5. Sentra Takjil Bendungan Hilir (Benhil)

Bagi penggemar wisata kuliner, Sentra Takjil Benhil menjadi tempat wajib untuk ngabuburit. Area ini menyediakan berbagai makanan untuk berbuka dari yang manis, gurih, jajanan jadul, modern hingga kuliner tradisional.
 
6. Kawasan PIK

Kawasan Pantai PIK II kini sedang digandrungi warga Jakarta. Di sini, Anda bisa menunggu waktu berbuka sambil duduk-duduk atau bermain pasir di tepi pantai. Anda juga bisa membawa sepeda atau menyewanya untuk ngabuburit. Jangan lupa untuk mampir di San Antonio yang sedang viral.
 
7. Studio Alam TVRI, Depok

Bagi warga Kota Depok yang enggan bergerak ke Jakarta, mungkin Anda bisa mengunjungi Studio Alam TVRI. Area ini memiliki jogging track dan tempat bermain anak. Anda bisa ngabuburit sambil melakukan aktivitas ringan bersama keluarga.

9. Setu Pengasinan, Depok

Di sini, Anda bisa menaiki perahu dan keliling danau sambil menikmati udara sore di Depok. Di area sekitar Setu juga banyak penjual takjil.
 
10. Alun-alun Depok

Warga Depok wajib berkunjung ke sini! Sebagai tempat pusat kegiatan masyarakat, alun-alun menyediakan banyak fasilitas mulai dari taman, lapangan olahraga, toilet hingga coworking space. Di sini Anda juga tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan.

11. Taman Lembah Gurame, Depok

Taman ini merupakan tempat berkumpulnya anak muda dan juga keluarga. Arena bermain anak-anak di sini juga cukup luas dan terbagi menjadi beberapa titik. Dengan pohon-pohon rindang dan kolam, Anda bisa bersantai untuk ngabuburit. Di depan taman juga tersedia banyak jajanan untuk takjil.

12. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok ini berada di area Universitas Indonesia (UI). Anda bisa ngabuburit dengan bersepeda atau jogging sambil menghirup udara segar atau sekadar duduk-duduk di tepi danau.
 
13. Scientia Square Park, Tangsel

Bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya, Scientia Square Park wajib dikunjungi apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Di sini, anak-anak bisa melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari kegiatan edukasi tentang alam hingga melakukan permainan. Ngabuburit pun akan terasa asyik.
 
14. Pasar Lama Tangerang

Seperti Sentra Takjil Benhil di Jakarta, Kota Tangerang juga memiliki tempat kuliner untuk mencari hidangan berbuka. Makanan yang dijual pun beraneka ragam mulai dari takjil hingga makanan berat yang berlokasi di Pasar Kisamaun.
15. Wisata Hutan Jati Sindang Asih, Tangerang

Ini merupakan tempat wisata seru untuk dinikmati bersama keluarga dan teman saat ngabuburit. Di sini Anda tak hanya bisa berfoto kekinian, ada juga kolam renang, perahu dayung, kegiatan berkuda, ATV sport serta rumah pohon. Untuk masuk ke Hutan Jati Sindang Asih, Anda harus membayar Rp10 ribu.
 
16. Taman Menteng Bintaro

Taman Menteng Bintaro menawarkan hawa yang sejuk. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin ngabuburit dengan bersantai atau jogging.
 
17. Taman Kota Bekasi

Bekasi juga memiliki sejumlah taman kota, salah satunya adalah yang berada di Jalan Veteran No.46, Kecamatan Bekasi Selatan. Ruang terbuka hijau ini sangat nyaman untuk ngabuburit, karena Anda akan disajikan dengan pemandangan yang cukup asri. Taman tersebut juga memiliki area bermain dan tempat bersantai. Terdapat sejumlah penjualan makanan ringan yang siap menawarkan takjil.

18. Taman Rusa Kemang Pratama, Bekasi 

Terletak di dalam komplek perumahan elite, Taman Rusa Kemang Pratama ini bisa menjadi destinasi ngabuburit keluarga. Meski tidak memiliki banyak koleksi binatang, namun cukup menghibur untuk melupakan rasa haus dan lapar bagi anak-anak. (tim redaksi)

#ngabuburit
#tempatwisatagratis
#menungguberbukapuasa
#jadetabek
#bersamakeluarga
#aktivitaskeluarga

Tidak ada komentar