Breaking News

Wisman Mulai Berdatangan, Optimistis Sambut Kebangkitan Pariwisata Bali

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: Istimewa/ Dok.AP I

WELFARE.id-Akhirnya, Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan wisatawan mancanegara boleh masuk ke Bali tanpa prosedur karantina, asalkan sudah divaksin 2 dosis dan booster. Pendaratan perdana sejak aturan itu berlaku terjadi Jumat (4/3/2022).

PT Angkasa Pura I (Persero) menjelaskan, sejak Jumat, ada tiga maskapai rute penerbangan internasional yaitu Jetstar Asia, Garuda Indonesia, dan Scoot sukses melakukan pendaratan perdana. 

"Kami optimistis, kebangkitan industri aviasi dan pariwisata bisa segera terjadi. Kami berharap aturan baru ini bisa membawa multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di Bali,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangannya kepada wartawan, dikutip Sabtu (5/3/2022).

Ia merinci, maskapai Jetstar Asia nomor penerbangan 3K243 rute Singapura-Denpasar sukses melakukan pendaratan pada pukul 09.55 WITA menggunakan jenis pesawat Airbus A320 dan mengangkut sebanyak 8 penumpang. 

Pesawat yang sama dengan nomor penerbangan 3K244 terbang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pukul 10.45 WITA dengan mengangkut 6 penumpang menuju Singapura.

Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA715 dengan rute Sydney-Denpasar mendarat pada pukul 14.45 WITA menggunakan jenis pesawat Airbus A330 dan mengangkut sebanyak 61 penumpang.

Sedangkan Maskapai Scoot nomor penerbangan TR288 dengan rute Singapura-Denpasar mendarat pukul 18.05 WITA menggunakan pesawat Airbus A320 dan mengangkut sebanyak 42 penumpang dan berangkat kembali ke Singapura dengan nomor penerbangan TR289 pukul 18.45 WITA dengan mengangkut 11 penumpang.

Untuk maskapai Jetstar Asia mengoperasikan sebanyak 3 penerbangan dalam sepekan yaitu pada Selasa, Jumat, dan Minggu. Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 1 penerbangan dalam sepekan setiap Jumat dan Scoot mengoperasikan sebanyak 3 penerbangan selama sepekan pada Senin, Jumat, dan Minggu.

"Ini juga menambah daftar maskapai internasional yang telah kembali beroperasi di Bali setelah sebelumnya Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar dan Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar," tutupnya.

Sementara itu, influencer dan politisi asal Bali Niluh Djelantik mengaku puas dengan kebijakan baru itu. Pengusaha sepatu asal Bali itu meluapkan kegembiraannya dalam postingan di media sosial miliknya, Instagram @niluhdjelantik.

"Finally bebas karantina bagi PPLN dan VOA untuk 23 negara. Berlaku mulai 7 Maret 2022. Berlaku untuk pintu masuk Bali. Lampiran surat selengkapnya ada pada feed akun IG Niluh Djelantik #BaliKemBALI," isi postingan wanita yang akrab disapa Mbok Luh 10 jam lalu, dikutip Sabtu (5/3/2022). (tim redaksi)

#bandarainternasionaligustingurahrai
#bandarabali
#rutepenerbanganinternasional
#ppln
#industriaviasi
#sektorpariwisata
#angkasapura1
#wisatawan
#aturanbaru

Tidak ada komentar