Breaking News

Wisatawam Asing Melonjak sejak Penerapan VoA, Luhut: Diperluas ke Negara G20

Sejumlah wisatawan asing saat berkunjung ke Bali. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Penerapan kebijakan visa on arrival (VoA) untuk 23 negara untuk masuk ke Tanah Air dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Selain itu juga, penerapan VoA menambah pemasukan untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Untuk diketahui, tarif PNBP untuk VoA khusus wisata berdasarkan Lampiran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2019 sebesar Rp500 ribu. 

”Sejak dibuka pada 7 Maret 2022 lalu, total kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dengan VoA sebanyak 449 pax, mendapat total PNBP sebesar Rp224 juta," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (14/3/2022).

Adapun 23 negara yang mendapatkan VoA khusus wisata adalah Australia, Amerika Serikat, Belanda, Brunei Darussalam dan Filipina. Lalu, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kanada, Korea Selatan dan Laos. 

Lalu, Malaysia, Myanmar, Perancis, Qatar, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Mereka yang mendapatkan VoA khusus wisata ialah warga negara asing (WNA) yang akan berkunjung ke Bali dan harus menyiapkan paspor yang berlaku minimal enam bulan. 

Luhut juga mengatakan pemerintah akan memperluas penerapan penggunaan VoA ke negara G20. "Dengan target negara yang memiliki potensi wisata yang besar dan juga negara-negara G20,” terang Luhut juga. 

Selain itu juga, pemerintah juga akan menerapkan VoA di beberapa bandara, seperti Jakarta dan Surabaya. Karena selama ini hanya bandara tertentu yang menerima VoA. 

Terkait evaluasi pelaksanaan tanpa karantina bagi wisatawan di Bali dengan syarat wajib vaksinasi COVID-19 dalam satu minggu terakhir, lanjut Luhut, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Bali melonjak. 

”Tingkat positivity rate PPLN rendah, yakni di bawah 1 persen. Kami masih akan melakukan evaluasi selama satu minggu ke depan, sebelum kebijakan ini diterapkan di seluruh Indonesia," tandas Luhut juga. (tim redaksi)


#wisatawan
#kunjunganwisata
#orangasing
#visaonarrival
#penerimaannegarabukanpajak
#pnbp
#menkomarves
#luhutbinsarpandjaitan

Tidak ada komentar