Breaking News

Satgas Pangan Temukan Penimbunan 53 Ton Minyak Goreng di Palu

Petugas menunjukkan minyak goreng kemasan sebanyak 53 ton ditimbun di sebuah gudang di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (4/3/2022). Foto: Antara/ Basri Marzuki/ aww

WELFARE.id-Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang dipimpin langsung Kombes Ilham Saparona Ditreskrimsus Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu menyegel dua gudang milik CV AJ karena diduga menimbun 53 ton kemasan minyak goreng. Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto mengatakan, dua gudang tersebut berada di dua lokasi terpisah di Kota Palu.

"Ada dua lokasi di Kota Palu yang telah disegel dengan garis Polisi oleh Satgas Pangan karena diduga menimbun minyak goreng dalam situasi masyarakat mengalami kelangkaan minyak goreng," ungkapnya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (4/3/2022). Kedua lokasi gudang tersebut adalah di Jalan I Gusti Ngurah Rai Kelurahan Tavanjuka Kecamatan Tatanga, Kota Palu dan gudang atau Ruko di Jalan Tavanjuka komplek Ruko Bundaran Palupi Permai Palu.

Pada gudang di jalan I Gusti Ngurah Rai, satgas menemukan dugaan penimbunan minyak goreng merek viola sebanyak 1.748 dus atau 21.355 liter. Sedangkan di Jalan Tavanjuka ditemukan minyak goreng merek viola sebanyak 2.461 dus atau 32.514 liter. 

Diketahui stok minyak goreng tersebut disimpan sejak Oktober 2021 oleh pemiliknya. Selanjutnya, Satgas Pangan akan melakukan proses penyelidikan terkait temuan dugaan adanya penimbunan bahan pokok tersebut.

Didik mengatakan dalam perkara ini patut diduga terjadi pelanggaran pasal 133 jo pasal 53 UU RI No.18 tahun 2012 tentang Pangan sebagaimana diubah dalam pasal 1 angka 15 UU RI No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan/atau Pasal 107 jo pasal 29 ayat (1) UU RI No. 07 tahun 2014 tentang perdagangan. 

Kemudian, Perpres No. 71 Tahun 2015 tentang penetapan dan penyimpanan barang kebutuhan pokok dan barang penting yang dapat diancam dengan pidana penjara 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp50 miliar. (tim redaksi)

#penimbunanminyakgoreng
#palusulawesitengah
#sulteng
#disperindagsulteng
#poldasulteng
#kriminal
#didugamenimbunminyakgoreng
#satgaspangan

Tidak ada komentar