Breaking News

Sanksi Terus Bergulir, Kali Ini Giliran Formula 1 Putus Kontrak GP Rusia

Balapan Formula I. Foto: Ilustrasi/ Net


WELFARE.id-Sanksi untuk Rusia terus bergulir. Tak terkecuali di arena balap. Balapan Formula 1 di Rusia dipastikan tidak akan ada lagi pada tahun-tahun mendatang karena F1 telah memutus kontrak dengan negara dengan wilayah terbesar di Eropa tersebut. Hal itu terungkap dalam pernyataan resmi F1 yang menyatakan sudah memutus kontrak dengan promotor GP Rusia.

"Formula 1 mengonfirmasi telah memutus kontrak dengan promotor Grand Prix Rusia. Itu berarti Rusia tidak akan lagi menggelar balapan pada masa yang akan datang," demikian tulis pengumuman di situs resmi F1, dikutip Jumat (4/3/2022).

Keputusan ini diambil sepekan setelah F1 memastikan tidak menggelar balapan GP Rusia pada tahun ini terkait invasi ke Ukraina yang diumumkan Presiden Vladimir Putin. Sebelumnya pihak Rusia sempat menyusun rencana pemindahan sirkuit dari Sochi ke St. Petersburg pada 2023. 

Rusia dan F1 sebenarnya masih memiliki kontrak hingga 2025.
Pemutusan kontrak GP Rusia diketahui merupakan hasil dari pertemuan F1, FIA, dan petinggi-petinggi tim.

Keputusan yang diambil F1 menjadi dampak lanjutan dari perang Rusia Ukraina. Di kancah olahraga, beberapa federasi sudah menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Khusus untuk olahraga otomotif, FIA sudah menjatuhkan sederet sanksi untuk Rusia dan Belarus. Sesuai dengan rekomendasi Komite Olimpiade Internasional, anggota dewan sepakat FIA meniadakan ajang balap di Rusia dan Belarus.

Selain pembalap, para official juga dilarang menggunakan simbol kebangsaan Rusia dan Belarus. Bendera dan lagu kebangsaan kedua negara juga tidak bisa diperdengarkan.

FIA pun memutuskan mencoret tim Rusia dan Belarus berpartisipasi dalam kompetisi internasional. Sementara perwakilan Rusia dan Belarusia di FIA diwajibkan mengundurkan diri sementara dari peran dan tanggung jawabnya. Dana hibah FIA juga tidak akan disalurkan kepada Rusia dan Belarusia. (tim redaksi)

#sanksirusia
#formula1
#promotorgprusia
#fia
#f1
#balapmobil
#sirkuitdipindah
#putuskontrak

Tidak ada komentar