Breaking News

Rencana Pemindahan Markas Koarmada I Dimatangkan, Kasal: Untuk Pantau Pergerakan LCS

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan sambutan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL Tahun 2022, di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3/2022). Foto: Dispenal/Antara

WELFARE.id-Rencana pemindahan markas Koarmada I dari Jakarta ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau terus dimatangkan. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyebutkan pemindahan itu untuk memantau pergerakan di Laut China Selatan (LCS).
  
"Pemindahan Koarmada I melihat dari perkembangan lingkungan strategis yang sekarang ini kita tahu semuanya, khususnya di Laut China Selatan di Singapura dan Selat Malaka dan baratnya Sabang perbatasan dengan India. Ini memerlukan pengawasan yang khusus di wilayah barat ini," terang Yudo usai membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL di  Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3/2022).
  
Pemindahan markas Komando Armada I di wilayah Barat di Tanjung Uban juga melihat dari efisiensi pergerakan kekuatan armada Koarmada I yang selama ini bermarkas di Jakarta.
  
Menurut Yudo juga, pergeseran kekuatan dari Jakarta menuju Natuna membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang disampaikan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Selama ini kalau kita menggeser kapal ke sana selalu tidak efektif dari Jakarta jauh sekali ke Natuna. Sehingga pangkalannya nanti kita geser Tanjung Uban, di sana lebih dekat atau efektif untuk melaksanakan pergeseran unsur-unsur kita operasi kita ke Natuna maupun ke Selat Malaka atau Singapura," ujarnya juga.
  
Jika dikaji dari berbagai pertimbangan tersebut, lanjut Yudo lagi, pemindahan Pangkalan Koarmada I ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau, sudah memenuhi syarat dari sisi operasional. Namun demikian, tambah dia, dari sisi sarana prasarana tentunya masih harus dipersiapkan lebih matang.
  
"Tapi ini masih wacana belum diputuskan, kemarin sudah diajukan ke Panglima TNI, terus kemudian saya tinjau kemarin, dan nantinya masih ada rapat-rapat karena memerlukan sarana prasarana yang tentunya tidak sedikit,” paparnya juga. 

Apalagi, kata Yudo juga, pemindahan Koarmada I itu juga harus memindahkan sarana prasarana kebutuhan prajurit dan lain sebagainya. ”Tentunya perlu waktu lagi untuk memutuskan ya atau tidak. Tapi, dari pertimbangan tadi sudah memenuhi syarat dari sisi operasional, namun dari sisi sarana prasarana tentunya harus kita pertimbangkan," cetus Yudo lagi. (tim redaksi)

#tnial
#koarmadaI
#rencanadipindahkan
#tanjunguban
#kepulauanriau
#kepalastafangkatanlaut
#kasal
#laksamanatniyudomargono
#lautcinaselatan

Tidak ada komentar