Breaking News

Reguk Cuan, Ditengah Buntunya Negosiasi Perang Rusia-Ukraina

Nilai tukar rupiah atas dolar AS. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS di tengah buntunya negosiasi konflik Rusia-Ukraina, pada perdagangan pagi ini, Rabu (2/3/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup menguat 0,32 persen atau 46,5 poin hingga parkir ke posisi Rp 14.335 per dolar AS.

Sementara indeks dolar AS pada pukul 06.05 WIB, Rabu (2/3/2022) terpantau naik 0,69 persen atau 0,67 poin ke level 97,37. "Sentimen pasar masih berubah tiap hari.

Hari ini sentimen pasar risk on menyusul kenaikan pada bursa di Wall Street maupun Asia dengan optimistis ekonomi global tidak akan terlalu terdampak oleh sanksi,'' ujar analis DCFX Futures Lukman Leong. 

Ia melihat, kenaikan harga komoditas juga membantu rupiah dan mata uang komoditas seperti dolar Australia dan Kanada. ''Secara USD sendiri sedikit melemah hari ini,'' ulasnya. 

Sementara itu, Euro jatuh mencapai level terendah terhadap dolar AS sejak Juni 2020 pada akhir perdagangan dan rubel Rusia turun dalam perdagangan yang fluktuatif. Sejak invasi Rusia ke Ukraina meningkat harga minyak ikut melonjak. 

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, melonjak dan terakhir naik 0,6 persen, karena investor berbondong-bondong ke taruhan mata uang safe-haven. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pembukaan praperdagangan hari ini juga dibuka menguat ke zona hijau. Adapun IHSG naik ke level 6.956 jika dibandingkan penutupan perdagangan kemarin sore di posisi 6.921. 

Melansir data RTI, Rabu (2/3/2022), IHSG diawal praperdagangan dibuka meroket 35 basis poin atau teraepresiasi 0,51 persen. Setelah tepat pukul 09.00 Wib laju IHSG terus merangkak naik hingga posisi 6.967 atau telah menguat 0,66 persen 

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menguat pada awal pra perdagangan indeks ini naik 8,3 basis poin atau melemah 0,85 persen ke posisi 996. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 64 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp259 miliar dengan volume transaksi mencapai 7,3 ribu kali. 

Sebanyak 170 saham menguat, 90 saham melemah dan 253 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan, pola gerak IHSG kembali berhasil mencetak all time high (rekor) dalam pencapaian secara intraday maupun penutupan. 

Menurutnya, hari ini investor asing juga akan mempengaruhi pergerakan IHSG. ''Selain itu masih tercatatnya capital inflow secara ytd juga akan turut mewarnai pergerakan IHSG,'' detailnya. 

Menurut William, investor tak perlu cemas jika terjadi koreksi wajar, sebab momentum tekanan masih dapat dimanfaatkan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. ''Pergerakan fluktuatif yang terjadi pada IHSG dapat dimanfaatkan untuk melakukan trading ataupun investasi jangka pendek,'' tambahnya. 

Ia memprediksi IHSG melaju di rentang support 6.811 dan resistance 6.996. Ada pun saham-saham pilihannya yaitu AALI, BBRI, TLKM, ITMG, ASII, SMRA, dan LSIP. 

Setali tiga uang, pergerakan harga emas pada hari ini, juga diprediksi menguat, menjelang pengumuman The Fed terkait kenaikan suku bunga AS. Harga emas melambung pada akhir perdagangan Selasa seiring meningkatnya kekhawatiran atas dampaknya terhadap perekonomian akibat konflik Rusia vs Ukraina. 

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi Comex New York Exchange, melonjak USD43,1 atau 2,27 persen menjadi USD1.943,80 per ons. Itu merupakan level tertinggi dalam 13 bulan terakhir. 

Investor tetap khawatir ketika konflik Rusia-Ukraina memasuki hari keenam, menimbang implikasi konflik terhadap prospek inflasi dan pertumbuhan global. Jatuhnya indeks pasar saham AS dan imbal hasil obligasi AS juga mendukung pergerakan harga emas. 

''Imbal hasil obligasi telah jatuh karena harga telah pulih di tengah arus safe-haven dan dengan beberapa investor mengurangi ekspektasi mereka tentang pengetatan agresif dari bank sentral. "Dengan latar belakang ini, saya memperkirakan emas akan bergerak naik hingga USD2.000,'' ujar Fawad Razaqzada, analis ThinkMarkets. 

Selain emas, logam mulia lainnya seperti perak untuk pengiriman Mei naik 4,82 persen menjadi USD25,54 per ons. Platinum untuk pengiriman April naik 1,27 persen menjadi USD1.051,90 per ons. 

Berdasarkan informasi yang ada pada laman resmi Pegadaian, harga emas 24 karat UBS ukuran terkecil yakni 0,5 gram dijual seharga Rp529.000 naik Rp3.000 dibandingkan dengan harga Selasa (1/3/2022) kemarin. Adapun, emas Antam ukuran yang sama dijual pada harga Rp561.000 atau stagnan. (cr2)

#perangrusiaukraina
#invasirusia
#dampakkonflikrusiaukraina
#rupiahmenguatatasdolaras
#ihsg
#hargaemasnaik
#antam
#pegadaian
#sahampilihan

Tidak ada komentar