Breaking News

PLTN Zaporozhskaya Terbakar, Rusia Tuding Akibat Sabotase Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut kebakaran yang terjadi di PLTN Zaporozhskaya adalah ulah penyabot Ukraina. Foto: Independent

WELFARE.id-Usai penyerangan besar-besaran, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah menguasai Kota Energodar, yang berlokasi di selatan Ukraina di mana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporozhskaya, yang merupakan terbesar di Eropa berada. 

Dalam kesempatan itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut pihaknya bukan penyebab kebakaran yang terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) tersebut, melainkanpihak Ukraina. 

Sebelumnya, Layanan Darurat Ukraina mengatakan kebakaran telah meletus di luar PLTN Zaporozhskaya semalam, dengan salah satu unit reaktornya telah dimatikan. Api kemudian berhasil dipadamkan, tanpa ada korban jiwa. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kebakaran itu merupakan hasil provokasi Kiev yang bertujuan menuduh Rusia menciptakan sarang kontaminasi radioaktif.

"Tujuan dari provokasi rezim Kiev di fasilitas nuklir adalah upaya untuk menuduh Rusia menciptakan sumber kontaminasi radioaktif," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov. 

"Semua ini membuktikan niat kriminal rezim Kiev atau hilangnya kendali penuh Zelensky atas tindakan kelompok sabotase Ukraina dengan partisipasi tentara bayaran asing," cetus Konashenkov seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (4/3/2022).

Menurut Konashenkov juga, sekitar pukul 2 pagi waktu setempat, sekelompok petugas Garda Nasional Rusia yang berpatroli di wilayah sekitar PLTN diserang oleh penyabot Ukraina yang melepaskan tembakan dari gedung pusat pelatihan stasiun.

Pasukan Rusia membalas dan menghancurkan pangkalan tempur para penyabot. Saat mereka meninggalkan gedung, kelompok sabotase Ukraina membakar gedung. 

Konashenkov juga menambahkan bahwa tingkat radiasi normal setelah insiden di PLTN tersebut. Staf PLTN tetap bekerja seperti biasa dan memantau tingkat radiasi. 

Direktur Badan Tenaga Atom Internasional memastikan tidak ada pelepasan radiasi akibat insiden tersebut, sistem keselamatan enam reaktor di PLTN Zaporozhskaya tidak terkena kebakaran. 

Pada Jumat malam (4/3/2022), Layanan Darurat Ukraina melaporkan kebakaran di pusat pelatihan di luar PLTN Zaporozhskaya di Kota Energodar. 

Kebakaran itu terlokalisir hingga 2.000 meter persegi, layanan darurat kemudian melaporkan, bahwa tidak ada korban yang dilaporkan selama insiden itu. Meski pihaknya sempat dihalangi pasukan Rusia untuk melakukan pemadaman api. (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#pltnzaporozhskaya
#jurubicarakemenhanrusia
#igorkonashenkov

Tidak ada komentar