Breaking News

Pendukung Setya Novanto dan Nurhadi Bentrok di Lapas Sukamiskin

Pengunjung datang untuk membesuk narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. 
Foto: Antara

WELFARE.id-Bentrokan fisik dua kubu tahanan koruptor terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Bentrokan itu terjadi antara kubu mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dan mantan Sekretaris Mahkamah Agung  (MA).

Kubu Setya Novanto dilaporkan memukul orang dari kubu Nurhadi hingga berujung sanksi untuk pelaku. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Elly Yuzar membenarkan adanya peristiwa tersebut.

Dia mengungkapkan motif percekcokan yang terjadi antara Setya Novanto dan Nurhadi tersebut. Ia memaparkan kalau yang terlibat perselisihan bukan Setnov dan Nurhadi secara langsung. Melainkan pihak-pihak yang mewakilinya.

Elly mengatakan yang terlibat pemukulan adalah mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan mantan sekretaris pribadi (sekpri) bekas Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Amiril Mukminin. 

Kata dia, keributan dua kubu yang menghuni Lapas Sukamiskin itu terjadi tiga pekan lalu. ”Yang ribut itu Irvanto dengan Amiril,” terang Elly kepada wartawan, Rabu (2/3/2022).
Namun, Elly membenarkan kalau keributan antara Irvanto dan Amiril itu berawal dari  cekcok antara Setya Novanto dan Nurhadi.

”Namanya orang baru kan mencari pergaulan, nah ke mana lah merapatnya. Ada istilahnya grup lah ya, jadi karena Pak Nurhadi komunikasi enggak nyambung kan begitu, dia ditarik mundur,” katanya.

”Diledek-ledekin lah ’ini orang baru nih dengan senior’ kan begitu tidak sama seperti yang lain. Irvanto ini kan pro nya ke Setya Novanto, nah saya katakan Amiril itu pro ke Nurhadi,” papar Elly juga.

Elly menerangkan, memang sempat terjadi aksi pemukulan oleh Irvanto terhadap Amiril.  ”Jadi oleh Irvanto ditonjoknya lah Amiril. Nah ditonjoknya itu karena merasa ’oh ini orangnya Setya Novanto, ini oranya Nurhadi’ dikaitkan ke sana,” cetusnya.

Lebih lanjut, usai kejadian pihaknya langsung mengambil tindakan tegas. Irvanto yang memukul Amiril langsung menjalani sanksi pengurungan di sel selama enam hari.

”Ya pasti ada sanksi apapun bentuknya, walau pun sudah damai. Irvanto tetap kami sel karena dia nonjok duluan. Sudah kami hukum. Selama empat hari dia tidak boleh keluar kamar,” kata Elly juga.

Atas insiden tersebut, kedua belah pihak juga sudah setuju untuk berdamai dan dilakukan secara tertulis dan tidak akan ada aksi lanjutan dari kasus itu. 

Sedangkan Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti menyatakan perselisihan antara Setya Novanto dan Nurhadi sudah selesai. ”Sudah clear,” katanya.

Rika menjelaskan Ditjen PAS sudah berkoordinasi dengan Kepala Lapas Sukamiskin dan pihak-pihak yang terlibat keributan itu juga sudah diamankan. ”Perselisihan sudah selesai dan dilanjutkan dengan pembinaan,” cetusnya. (tim redaksi)


#koruptor
#narapidana
#lapassukamiskin
#bandung
#setyanovanto
#nurhadi
#bentrok
#ellyyuzar

Tidak ada komentar