Breaking News

PB HMI Pastikan Beri Bantuan Hukum kepada Ketum KNPI Haris Pertama

Ketua Umum KNPI Haris Pertama yang mengalami luka usai dikeroyok saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Istimewa


WELFARE.id-Ketua PB HMI bidang Hukum dan HAM, Yefri Febriansyah memastikan pihaknya akan memberikan bantuan hukum terhadap Ketua Umum KNPI Haris Pertama usai mengalami tindakan pengeroyokan beberapa waktu lalu.

Diketahui, kasus penganiayaan tersebut telah menjerat beberapa orang tersangka, termasuk politisi Partai Golkar Azis Samual. ''Kami (PB HMI) telah mempelajari persoalan ini sejak awal. Bang Haris layak kami beri bantuan hukum,'' jelasnya dalam keterangan resminya, dikutip Senin (14/3/2022). 

Yefri juga mengatakan PB HMI telah memberi atensi atas kasus yang menimpa Haris. Ia turut menduga adanya keanehan dalam kasus penganiayaan terhadap Haris, termasuk keterlibatan Politikus Golkar. '

'Ini kan tanda tanya besar publik, tanpa sebab yang jelas tiba-tiba bang Haris dianiaya, oleh preman dan ada kaitannya dengan politikus lagi,'' tambahnya 

Yefri menegaskan, kasus tersebut seharusnya menjadi tantangan bagi pihak kepolisian untuk mengungkap dalang utama dari penganiayaan Haris. ''Publik saat ini menyoroti kinerja kepolisian, sebab ini terjadi pada aktivis. Kami berharap dalang sebenarnya dari penganiayaan ini secepatnya terungkap,'' imbuhnya. 

Terpisah, Haris Pertama merasa heran dengan Partai Golkar yang masih bungkam mengenai kadernya yang terlibat aksi pengeroyokan. 

''Pak Airlangga mana tanggung jawabmu sebagai Ketua Umum, saya sebagai kader Golkar di keroyok dan hampir kehilangan nyawa. Sampai detik ini kau tidak bersuara tentang kasus saya, apakah kau benci sama saya??? @airlangga_hrt,'' cuit Haris di akun twitternya @knpiharis, Senin (14/3/2022). 

”Kenapa partai lebih perhatian kepada Azis Samual (tersangka) sampai ada berita adanya keinginan partai memberikan bantuan hukum, saya ini kan kader Golkar yang menjadi korban penganiayaan yang hampir saja menghilangkan nyawa saya. Kenapa saya tidak di perhatikan? @airlangga_hrt,'' tulisnya sambil ngetag akun sosmed Ketum Golkar Airlangga Hartarto. 

''Semua organisasi dan tokoh bicara mengenai kasus saya, tapi bapak Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar tidak pernah bicara sedikitpun dan prihatin terhadap kasus saya ini? Apa karena saya ini hanya seorang kader partai yang kritis terhadap bapak sehingga bapak cuek terhadap saya,'' lanjutnya. 

Seperti diketahui, Haris Pertama dikeroyok oleh sejumlah orang pada 21 Februari 2022 lalu di parkiran Rumah Makan (RM) Garuda Cikini, Jakarta Pusat. Korban kemudian melaporkan kasus pengeroyokan tersebut ke Polda Metro Jaya di hari yang sama.

Pihak kepolisian telah menetapkan 6 tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap Haris. Salah satunya politisi Partai Golkar Azis Samual yang juga sudah resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan kader Partai Golkar Azis Samual yang menjadi tahanan kepolisian memperoleh dukungan moril dari rekan sesama politikus. ''Kalau Golkar mungkin hanya simpati, kasih semangat seperti keluarga,'' katanya. 

Namun, Zulpan tidak mengetahui persis siapa saja yang sudah menjenguk Azis di Rutan Polda Metro Jaya. ''Saya nggak paham (penjenguk Azis Samual). Saya nggak memantau yang mengasih izin orang jenguk,'' tambahnya. 

Namun, polisi belum memeriksa saksi tambahan selain lima debt collector yang juga berstatus tersangka dalam kasus itu. ''Sampai saat ini tidak ada pemanggilan lain, hanya tersangka itu,'' pungkasnya. (cr2)


#pengeroyokan
#dppknpi
#ketuaumum
#harispertama
#pbhmi
#ketuapbhmibidanghukumdanham
#yefrifebriansyah
#ketuaumumpartaigolkar
#airlanggahartarto

Tidak ada komentar