Breaking News

Pasien Diabetes Wajib Cek Mata Rutin, Antisipasi Retinopati Diabetik

Cek kesehatan mata. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah dr Agus Setyawan, SpM mengimbau penderita diabetes melitus untuk mengecek kesehatan mata secara rutin untuk mengantisipasi terjadinya gangguan penglihatan.

"Gangguan pada mata akibat diabetes melitus disebut retinopati diabetik. Tidak jarang kondisi retinopati diabetik menyebabkan kebutaan," ulasnya, melansir Antara, Kamis (3/3/2022).

Dalam hal ini, lanjutnya, retinopati diabetik dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina. Sehingga retina menjadi bengkak atau terdapat kapiler darah yang tidak normal.

Menurut dia, kondisi tersebut mengakibatkan pandangan menjadi kabur atau terganggu. "Penyebab utama retinopati adalah kombinasi dari tingginya tekanan darah, gula darah, dan kolesterol," kata dia yang akrab disapa dr Wawan.

Ia mengatakan penderita diabetes melitus yang tidak ditangani dengan baik akan mengalami kerusakan pada pembuluh darah kecil di retina. Dengan adanya retinopati diabetik tersebut, kata dia, dapat menyebabkan komplikasi yang berdampak pada tingkat kesakitan yang semakin buruk.

"Oleh karena itu, kami mengimbau para penderita diabetes melitus untuk tetap melakukan pengecekan terhadap kesehatan mata. Terutama retinanya secara rutin," imbuhnya.

Lebih lanjut, dr Wawan mengatakan, retinopati diabetik juga dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi lain. Salah satunya yang paling sering muncul adalah diabetik makular edema (DME).

Menurutnya, DME terjadi ketika adanya kebocoran cairan ke pusat makula, yakni bagian peka cahaya dari retina yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan langsung. Dengan demikian, lanjutnya, DME dapat membuat kualitas penglihatan menurun karena adanya kebocoran cairan ke pusat makula.

"Skrining awal sangat diperlukan untuk mendiagnosis kondisi pasien. Dengan diagnosis sedini mungkin dan pengobatan yang tepat, memungkinkan bisa meminimalisasi pasien kehilangan penglihatan, bahkan bisa dipulihkan," ulasnya. (tim redaksi)

#diabetesmelitus
#retinopatidiabetik
#guladarah
#kolesterol
#kesehatanmata
#kerusakanpembuluhdarah
#diabetikmakularedema
#dme

Tidak ada komentar