Breaking News

Padang dan Papua Kembali Diguncang Gempa

Ilustrasi gempa. DOK WELFARE.id

WELFARE.id - Gempa berkekuatan magnitudo 4,8 kembali mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, Kamis (3/3/2022). Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa terjadi pukul 13:37 WIB. 

''Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 4,8,'' katanya. Dia menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 0.15 LU dan 100.00 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 8 kilometer tenggara Talu, Pasaman Barat pada kedalaman 10 kilometer. 

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Daryono menyebut gempa tersebut merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar Sumatera pada segmen Angkola. "Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pasaman Barat dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah),'' katanya. 

Hasil permodelan BMKG menunjukkan, gempa kali ini tidak berpotensi tsunami. Ini merupakan gempa susulan yang mengguncang Pasaman Barat pada 25 Februari 2022 dengan magnitudo M 6,2. 

''Hingga hari Kamis 3 Maret 2022 pukul 6.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi gempa susulan (aftershock) sebanyak 201 kali. Jika mencermati aktivitas gempa Pasaman barat ini, tampak produktivitas gempa susulan yang terjadi cukup banyak,'' katanya. 

Daryono menuturkan, catatan gempa susulan yang paling tinggi sejauh ini adalah M 5,1. Karena itu, gempa kali ini termasuk di antara yang gempa susulan yang signifikan. Seperti diketahui, gempa yang mengguncang Pasaman Barat pada 25 Februari menyebabkan ribuan orang mengungsi dan enam orang meninggal dunia. 

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Nabire, Papua pada Kamis dini hari pukul 02:14 WIB. Menurut BMKG pusat gempa tersebut berada pada koordinat 3.88 LS-135.56 BT atau 46km barat daya Nabire dengan kedalaman 20 km. Gempa dirasakan dalam skala MMI II-III di Nabire. 

Gempa bermagnitudo 4,8 kembali terjadi di Sorong hari ini pada pukul 05:25:22 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa berada di laut 33 km timur laut Sorong. Gempa Sorong hari ini juga dapat dirasakan di Kota Sorong, Aimas dan Waisai Papua. Pusat gempa Sorong hari ini berada di kedalaman 10km di lintang bujur 0.59 LS, 131.38 BT. (cr2)

#gempabumi
#bencanaalam
#bmkg
#papua
#sumaterabarat

Tidak ada komentar