Breaking News

Meninggal Usai Bertarung, Hero Tito Petinju ke-31 yang Jadi Korban Lawan

Hero Tito, petinju asal Malang, Jawa Timur, yang meninggal usai bertarung menambah daftar petinju di Tanah Air meninggal usai bertanding. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Meninggalnya Hero Tito, petinju asal Malang menambah daftar panjang petinju Indonesia yang meregang nyawa setelah naik ring. Hero Tito menghembuskan nafas terakhir setelah mengalami koma sejak Minggu (27/2/2022).

Hero Tito meninggal Kamis (3/3/2022) pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kabarnya Hero Tito meninggal setelah keluarga memutuskan untuk melepas alat bantu yakni ventilator yang dalam lima hari ini terpasang di tubuhnya.

Hero Tito menjadi petinju ke-31 yang meninggal dunia setelah bertarung sejak tahun 1948. Kasus pertama petinju Indonesia yang meninggal usai bertarung adalah Jimmy Koko tahun 1948 setelah duel melawan Meyer.

Dalam sejarah dunia tinju Tanah Air, tiga insiden petinju tewas dalam setahun pernah dua kali yakni pada tahun 2001, dan 2012.
Di tahun 2001, petinju asal Bekasi John Namtilu tewas usai melawan Hasan Purba (pertandingan 11 Maret 2001), lalu Muhammad Alfaridzi usai melawan: Kongthawat Ora Sorkiti (2 April 2001), dan petinju Manado, Donny Maramis ketika melawan Stenly Kalalo.

Tragedi serupa kembali terjadi tahun 2012. Yakni tepatnya pada 31 Maret 2012 petinju Jakarta, Muhammad Afrizal alias Afrizal Cotto tewas empat hari setelah melawan Irvan Barita Marbun. 

Afrizal kalah angka mutlak, dan kemudian meninggal tanggal 4 April 2012 setelah menjalani operasi di bagian kepala karena mengalami pendarahan di otak di RS UKI, Jakarta Timur.

Kemudian pada 16 November 2012, petinju asal Kupang, Oxon Palue meninggal usai melawan Gerry Gio Toisuta. Oxon Palue kemudian mengeluh menderita keram kaki usai pertandingan, dan dinyatakan meninggal pada 20 November 2012 di rumah sakit.

Terakhir, pada 27 January 2013 petinju Jakarta, Tubagus Setia Sakti mengalami pendarahan otak usai melawan Ical Tobida. Tubagus kemudian meninggal pada hari berikutnya. (tim redaksi)

#olahraga
#tinju
#dukacita
#herotito
#meninggal
#komausaibertanding
#petinjuasalmalang

Tidak ada komentar