Breaking News

Khawatir Banjir Susulan, BPBD OKU Evakuasi Warga

Banjir yang sempat menggenangi Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dua tahun lalu. Foto: Ilustrasi/ Dok.BPBD OKU

WELFARE.id-Banjir yang dipicu oleh intensitas curah hujan tinggi kembali mengepung Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sejak Minggu (13/3/2022). Akibatnya, 495 rumah terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU) Amzar Kristopa didampingi Manager Pusdalpos Gunalfi di Baturaja menyebut, akibat hujan deras berlangsung lama, hingga Senin (14/3/2022) kemarin malam merendam ratusan rumah penduduk di dua kecamatan meliputi Baturaja Barat dan Baturaja Timur. 

"Rinciannya, 88 rumah tersebar di Kecamatan Baturaja Barat dan 407 di Kecamatan Baturaja Timur," ulasnya. Dalam musibah bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena sebelum banjir datang sebagian besar warga sudah mengungsi ke tempat dataran tinggi. Banjir bervariasi, namun rata-rata dengan ketinggian mencapai 178 centimeter.

Sehingga, diakuinya sempat mengganggu aktivitas masyarakat karena sebagian jalan utama terendam. "Sebelum air surut para pengendara sempat kesulitan melintas khususnya di seputaran Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baturaja Timur karena dikhawatirkan terjebak banjir," imbuhnya.

Pihaknya telah melakukan kaji cepat dan bersiap untuk melakukan evakuasi terhadap warga apabila kondisi debit air semakin meningkat atau terjadi banjir susulan. BPBD OKU mengerahkan personel dibantu relawan untuk melakukan patroli memantau lokasi banjir agar bencana alam dapat dicegah sedini mungkin supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Penyiapkan peralatan penanggulangan bencana mulai dari perahu karet, pelampung hingga mesin penyedot di setiap posko agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin. 

"Untuk masyarakat kami minta tetap meningkatkan kewaspadaan karena banjir susulan dapat terjadi kapan saja. Apalagi curah hujan tinggi diprediksi masih terjadi selama beberapa hari ke depan," tutupnya. (tim redaksi)

#banjiroku
#sumsel
#bencanaalam
#wargadievakuasi
#waspadabanjirsusulan
#bpbdoku
#ogankomeringulu
#rumahterdampakbanjir
#evakuasibanjir

Tidak ada komentar