Breaking News

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah di Tanah Abang

Suasana kebakaran yang berhasil ditangkap dari Instagram @jktinfo. DOK WELFARE.id

WELFARE.id-Kebakaran melanda bangunan kontrakan di Jalan Karet Pasar Baru Timur, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Senin (14/3/2022). Kebakaran dilaporkan pada pukul 05.40 WIB dari warga yang mendatangi pos pemadam kebakaran Bendungan Hilir. 

Empat unit dikirim dari Pos Benhil sebagai pengerahan awal. Kemudian Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengirim unit lain sehingga pengerahan total 12 unit dengan 60 personel. 

PLH Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Baidillah mengatakan kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik dari pengisian daya ponsel. ''Warga melihat api dari salah satu rumah kontrakan dan berusaha memadamkan api, akan tetapi api membesar. Warga mengatakan api berasal dari charger handphone,'' katanya. 

Api di bangunan kontrakan seluas 600 meter itu berhasil dipadamkan pada pukul 06.55 WIB, meski sempat terkendala akses jalan yang sempit ke lokasi kebakaran. ''Pengerahan awal sempat menggunakan hidran Apartemen Pavillion yang terletak di dekat lokasi kebakaran,'' tandasnya. 

Tidak ada korban luka atau jiwa dalam kebakaran ini dan petugas pemadam kebakaran berhasil mengevakuasi 60 jiwa atau 39 KK. 

Terpisah, kebakaran Kebakaran juga melanda rumah dinas Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Minggu tengah malam (13/3/2022) pukul 23.50 WIB. 

Api baru bisa dipadamkan pada Senin dini hari (14/3/2022) pukul 01.30 WIB. Beberapa bagian rumah ludes dilalap api, namun polisi memastikan tidak ada korban dalam kekabaran tersebut. 

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi Kombes Pol Kaswandi Irwan saat dikonfirmasi mengatakan, kebakaran bukan pada bangunan utama rumah dinas, namun hanya pada ruangan lain, yakni bagian yang ditempati oleh staf rumah tangga. Pihaknya akan tetap melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu. 

Berdasarkan keterangan saksi yang diperiksa polisi di lokasi kejadian, kebakaran pertama kali diketahui oleh petugas jaga anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas jaga pada pukul 23.50 WIB, saat itu kobaran api sudah terlihat membesar dari bagian belakang rumah saat kebakaran tidak ada orang dalam rumah. 

Petugas piket rumah dinas Wakil Gubernur Jambi kemudian melaporkan ke polisi dan Dinas Kebakaran setempat untuk melakukan pemadaman api. Beberapa menit kemudian mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung memadamkannya. (cr2)

#jambi
#satpolpp
#kebakaran
#tanahabang
#bencanaalam

Tidak ada komentar