Breaking News

Kebakaran di PLTN Ukraina yang Diserang Rudal Rusia Berhasil Dipadamkan

Kondisi PLTN Ukraina yang diserang Rusia. Foto: AP

WELFARE.id-Usai kebakaran hebat karena diserang rudal Rusia, akhirnya Dinas Urusan Darurat Ukraina berhasil memadamkan kobaran api di PLTN Zaporizhzhia yang merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. 

Disebutkan tak ada korban dalam peristiwa kebakaran akibat hantaman rudal itu pada PLTN Zaporizhzhia yang berlokasi di Energodar, Ukraina selatan tersebut. 

"Pada 06:20 api di gedung pelatihan PLTN Zaporizhzhia di Energodar padam. Tidak ada korban," kata Dinas Urusan Darurat Ukraina dalam sebuah pernyataan di Facebook seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (4/3/2022).

Sebelumnya, Dinas Urusan Darurat Ukraina menyebut tentara Rusia menghalangi mereka untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di kompleks PLTN Zaporizhzhia di Enerhodar tersebut. Kebakaran itu dipicu oleh serangan pasukan Rusia, yang kini dilaporkan telah menghentikan serangannya.

"Para penjajah tidak mengizinkan unit penyelamat publik Ukraina untuk memadamkan api yang membakar PLTN Zaporizhzhia," demikian pernyataan Dinas Urusan Darurat Ukraina via Facebook, seperti dilansir AFP.

Dalam pernyataannya, pejabat Dinas Urusan Darurat Ukraina juga menyebutkan bahwa kobaran api berdampak pada gedung pelatihan yang ada di kompleks PLTN tersebut.

Level radiasi di kompleks pembangkit nuklir terbesar di Eropa itu dilaporkan masih normal saat ini. 

Sementara itu, Juru Bicara PLTN Zaporizhzhia Andriy Tuz dalam pernyataan terbaru juga menyebut PLTN itu tidak mengalami kerusakan kritis, meskipun hanya satu unit pembangkit listrik dari total enam unit, yang kini beroperasi, Jumat (4/3/2022).

Sedangkan Kepala Administrasi Wilayah Regional PLTN Zaporozhia, Alexander Starukh, secara terpisah mengumumkan bahwa keamanan PLTN Zaporizhzhia kini terjamin dari kebocoran radioaktif.

Starukh menyatakan dirinya telah berbicara dengan Direktur PLTN Zaporizhzhia di Enerhodar dan mendapatkan jaminan untuk keamanan pembangkit nuklir itu usai serangan artileri oleh militer Rusia.

"Direktur ZNPP (PLTN Zaporizhzhia) memastikan kepada saya bahwa saat ini, keamanan nuklir pada objek tersebut kini terjamin," sebutnya seperti dilansir BBC. (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#pltnzaporizhzhia
#ancamanradioaktif
#dinasurusandaruratukraina

Tidak ada komentar