Breaking News

Kartu Prakerja Gelombang 24 Dibuka, Airlangga: Kuota untuk 300 Peserta

Ilustrasi kartu prakerja yang merupakan program pemerintah membantu korban PHK. Foto: Istimewa


WELFARE.id-Program kartu prakerja untuk membantu masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dampak pandemi Corona terus berlanjut. Kini kartu prakerja memasuki gelombang ke-24. 

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 24 akan dilakukan Kamis (17/3/2022) mendatang. Pendaftaran akan dimulai pada pukul 10.30 WIB. 

Ia menyatakan gelombang ini akan menerima sebanyak 300 ribu orang peserta. "Ini akan dimulai pendaftaran 17 Maret, pada Kamis pagi jam 10.30 WIB. Dan ini dipersiapkan untuk 300 ribu peserta," ungkapnya dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022).

Sebelumnya, pemerintah membuka Program Kartu Prakerja Gelombang 23 pada 17 Februari 2022 sebagai tanda dimulainya kembali program tersebut pada tahun ini.

Gelombang 23 lalu, program kartu prakerja dibuka untuk menerima 500 ribu orang peserta dana akan memprioritaskan sejumlah daerah agar mendapat kuota peserta. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan pemerintah untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di 220 kabupaten dan kota.

Sebagai informasi, kartu prakerja sejak dirilis April 2020 telah menerima 11,4 juta peserta dalam 22 gelombang. Lebih lanjut, sebagian besar peserta mengaku belum pernah mengikuti pelatihan dan kartu prakerja menjadi yang pertama kali diikuti.

Airlangga juga mengklaim kalau program kartu prakerja memiliki dampak yang positif bagi produktivitas dan pendapatan peserta. Program tersebut juga dinilai dapat mendorong ketahanan pangan, finansial, dan inklusi keuangan di tengah masyarakat. (tim redaksi)


#kartuprakerja
#menkoperekonomian 
#airlanggahartarto 
#gelombang24
#pandemicorona
#programketahananpangan
#inklusikeuangan
#pemutusanhubungankerja

Tidak ada komentar