Breaking News

Kabar Gembira! Korban Puting Beliung di Gunungkidul Dapat Bantuan Pemerintah

Salah satu rumah yang rusak parah dihantam angin puting beliung di Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kabar baik bagi korban bencana angin puting beliung Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Pasalnya, pemerintah akan memberikan bantuan kepada para korban.  

Penantian para korban bencana setelah hampir satu bulan akhirnya korban bencana akan mendapatkan bantuan usai DPRD Gunungkidul memanggil OPD (organisasi perangkat daerah) setempat terkait klarifikasi bantuan tersebut.

Plh Kepala BPBD Gunungkidul Sri Suhartanto mengakui proses pencairan dana bantuan korban angin puting beliung memang cukup lama. Hal tersebut tidak lepas dari birokrasi yang harus mereka lalui dalam pencairan Biaya Tak Terduga (BTT) Pemkab Gunungkidul.

"Beberapa tahapan yang harus mereka lalui diantaranya pendataan, verifikasi lapangan, verifikasi faktual hingga nanti proses pencairan," ujarnya usai rapat dengan anggota Komisi A DPRD Gunungkidul, Senin (14/3/2022).

Saat ini data korban bencana puting beliung sudah mereka susun dan usulkan ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul. Nantinya akan ada verifikasi faktual kemudian baru berita acara pencairan. Setelah itu baru BPBD akan mencairkan ke mereka yang berhak menerimanya.

Sri Suhartanto juga mengungkapkan ada 534 rumah di Kalurahan Pacarejo dan kalurahan lain yang akan mendapatkan bantuan bencana angin puting beliung tersebut. Empat rumah di antaranya masuk kategori rusak berat dan sisanya 530 rumah rusak ringan.

"Kita memang tidak ada klasifikasi rusak sedang," terang dia.

Total dana yang mereka usulkan adalah Rp362 juta untuk bantuan ke korban bencana di Kapanewon Semanu. 

Sementara untuk bantuan korban angin puting beliung di Kalurahan Mulusan Kapanewon Paliyan masih dalam proses pendataan.

Pihaknya mengusulkan rumah yang roboh atau rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp17,5 juta. Sedangkan yang mengalami rusak ringan akan mendapat bantuan Rp500 ribu hingga Rp 1 juta tergantung taraf kerusakan yang dialami.

Untuk rusak ringan pihaknya mengklasifikasikan menjadi 3 versi. Di mana rumah rusak ringan akan mendapatkan bantuan Rp 500 ribu, Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta tergantung tingkat kerusakannya.

"Bantuan ini nanti akan kami sampaikan dalam bentuk tunai. Di Kalurahan Mulusan Kapanewon Paliyan juga akan kami cairkan seperti itu. Kita selesaikan dulu yang Semanu. Baru Paliyan," paparnya juga.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Ery Agustin menilai proses pencairan BTT untuk korban bencana puting beliung Semanu cukup lama, bahkan status tanggap darurat sudah dicabut tanggal 9 Maret 2022 yang lalu.

"Senin kami memanggil semua kepala OPD yang menangani. Kami klarifikasi ke semua OPD persoalannya di mana kok bisa lama. Akhirnya kami mengetahui kendalanya ada di belakang meja atau birokrasi. Kalau teman-teman di lapangan justru sudah bergerak cepat," tandasnya. (tim redaksi)


#bencanaalam
#putingbeliung
#bantuanpemerintah
#kapanewonsemanu 
#kabupatengunungkidul
#plhkepalabpbdgunungkidul 
#srisuhartanto

Tidak ada komentar