Breaking News

Dua Gempa Landa Tanah Air, Lindu terjadi di Ransiki Papua dan Cianjur Jabar

WELFARE.id-Gempa bumi kembali terjadi di Tanah Air. Dua lindu mengguncang dua daerah berbeda sepanjang Minggu (13/3/2022). 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan dua gempa terjadi di Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). 

Gempa pertama terjadi di Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan berkekuatan magnitudo 3,7 pada pukul 01:13:42 WIB. 

Pusat gempa itu dilaporkan berpusat di laut. Adapun lokasi gempa terletak pada koordinat titik 1,53 LS dan 134,22 BT. Tepatnya terjadi di 8 km Tenggara Ransiki.

Saat gempa terjadi getarannya terasa hingga Distrik Ransiki dalam skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Sedangkan gempa kedua terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi gempa terletak pada koordinat 6,95 Lintang Selatan (LS) dan 107,21 Bujur Timur (BT) atau lebih tepatnya berpusat di darat 16 kilometer (km) tenggara Kabupaten Cianjur.

Menurut catatan BMKG, gempa terjadi pada pukul 10:11:50 WIB dengan kekuatan magnitudo 3. Lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,95 LS dan 107,21 BT. Atau tepatnya terjadi di 16 km Tenggara Kabupaten Cianjur.

Ada pun sejumlah wilayah yang ikut merasakan guncangan gempa adalah Cibeber, Bojongpicung, Ciranjang, dalam skala III MMI, sedangkan Cianjur guncangannya terasa II MMI. (tim redaksi)

#bencanaalam
#gempa
#distrikransiki
#kabupatenmanokwariselatan
#provinsipapuabarat
#kabupatencianjur
#jawabarat

Tidak ada komentar