Breaking News

Dihajar Hujan Deras, Banjir Rendam 10 Desa di Kabupaten Balangan

Sejumlah relawan mendistribusikan bantuan makanan kepada warga yang terdampak banjir di Jalan Biduri, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Sabtu (15/5/2021) lalu. Foto: Antara 

WELFARE.id-Hujan deras berdampak banjir di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Kamis (3/3/2022). Banjir menerjang sepuluh desa di Kabupaten Balangan. Namun, banjir berangsur surut pada sore.

Sebelumnya, sepuluh desa yang tersebar di tiga kecamatan itu terdampak genangan sejak Rabu (2/3/2022) pukul 06.00 WITA.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan banjir berdampak pada 603 keluarga atau 1.965 jiwa.

"Peristiwa banjir ini mengakibatkan 603 unit rumah tergenang, termasuk empat unit tempat ibadah, lalu satu unit pada fasilitas pendidikan dan kesehatan," terangnya melalui keterangan resmi, Kamis (3/3/2022).

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan juga mencatat terdapat dua unit jembatan rusak berat.

Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi di pegunungan hulu sehingga debit air sungai yang melintasi kawasan Halong meluap.

Sepuluh desa yang terdampak banjir adalah Desa Mantuyan, Padang Panjang dan Baru Penyambaran di Kecamatan Halong, Desa Tawahan dan Desa Sungai Batung di Kecamatan Juai.

Sedangkan lima desa tergenang banjir di Kecamatan Awayan, yaitu di Desa Awayan, Badlungga Hilir, Badalungga, Putat Basiun dan Ambakiang.

Merespons kejadian ini BPBD Kabupaten Balangan telah berkoordinasi dengan aparat kecamatan dan desa setempat. Selain itu juga, BPBD bersama personel TNI dan Polri tetap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan.

Berdasarkan prakiraan cuaca esok hari, Jumat (4/3/2022), kecamatan yang terdampak di Kabupaten Balangan masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

Karena itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan, khususnya jika terjadi hujan intensitas tinggi dengan durasi panjang. (tim redaksi)


#bencanaalam
#hujanderas
#banjir
#kabupatenbalangan
#kalimantanselatan
#bnpb
#bpbdkabupatenbalangan

Tidak ada komentar