Breaking News

Chelsea "On Sale", Abramovich: Terpaksa dan Sangat Menyakitkan!

Roman Abramovich. Foto: Istimewa/ GettyImages/ Paul Gilham

WELFARE.id-Pemilik Chelsea Roman Abramovich mengatakan, pihaknya berencana untuk menjual klub Liga Premier Inggris tersebut. Dalam sebuah pernyataan di situs resmi klub, Kamis (3/3/2022), miliarder asal Rusia itu mengatakan bahwa dia telah membuat "keputusan yang sangat sulit" dan "sangat menyakitkan" untuk menjual Chelsea.

Abramovic menegaskan, bahwa dia tidak meminta klub untuk "melunasi hutang" kepadanya. Malahan, ia memastikan hasil penjualan akan disumbangkan kepada korban perang. 

Pada akhir pekan lalu, ia telah mengatakan bahwa Chelsea akan "diurus dan dirawat" oleh yayasannya, usai Rusia melakukan invasi militer ke Ukraina pada akhir Februari lalu. "Saya selalu mengambil keputusan demi kepentingan terbaik klub," ujar Abramovic melansir BBC.

"Dalam situasi saat ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub. Karena saya yakin ini demi kepentingan terbaik klub, para penggemar, karyawan, serta sponsor dan mitra klub," bijaknya.

Ia juga memastikan, penjualan klub tidak akan dipercepat, tetapi akan mengikuti proses yang semestinya. "Saya tidak akan meminta pinjaman apa pun untuk dilunasi," tambahnya.

Dirinya sudah menginstruksikan tim untuk mendirikan yayasan amal, di mana semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan. Yayasan itu diharapkan bisa bermanfaat bagi semua korban perang di Ukraina.

Abramovich membeli Chelsea pada 2003 senilai 140 juta poundsterling. Usai akuisisi tersebut, dia mengatakan bahwa langkah itu "tidak pernah tentang bisnis atau uang, tetapi tentang hasrat murni untuk sepak bola dan klub."

Seorang miliarder asal Swiss, Hansjorg Wyss mengatakan bahwa ia ditawari kesempatan untuk membeli Chelsea. Wyss mengatakan Abramovich ingin "cepat menjual Chelsea" setelah aset-aset miliknya terancam disita pemerintah Inggris. 

Pengusaha berusia 55 tahun itu diduga memiliki ikatan kuat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, tetapi hal itu dibantah olehnya. Menurut laporan BBC, Abramovich menghargai klub tersebut dengan nilai 3 miliar poundsterling (sekitar Rp57 triliun). (tim redaksi)

#klubsepakbolainggris
#chelsea
#miliarderrusia
#romanabramovich
#chelseabakaldijual
#bergantipemilik
#efekperangrusiaukraina
#invasirusia
#perangrusiaukraina
#sepakbola

Tidak ada komentar