Breaking News

Bebas dari Penjara, Angelina Sondakh Ucap Alhamdulillah dan Minta Maaf

Angelina Sondakh bebas dari penjara. DOK WELFARE.id

WELFARE.id - Usai menjalani hukuman penjara selama 10 tahun, Angelina Sondakh akhirnya menghirup udara segar, Kamis (3/3/2022). 

Mengenakan baju berwarna pink dan celana ungu, mantan istri Adjie Massaid itu keluar dari Rutan Pondok Bambu sekitar pukul 06.30 WIB. ''Alhamdulillah saya sudah dinyatakan bebas,'' katanya. 

Pada kesempatan tersebut, dia pun menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Indonesia, berharap perilakunya di masa lalu yang tidak patut dicontoh. ''Saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia setelah perbuatan saya tidak patut ditiru dicontoh saya menyesal,'' katanya. 

''Saya berterima kasih kepada Allah yang sudah menampar saya sehingga saya harus dibina,'' tambahnya. 

Dia pun menyampaikan permintaan maafnya kepada kedua orangtua, dan sang putra, Keanu. ''Saya minta maaf kepada orangtua saya di usia mereka yang sudah lanjut. Saya insyaallah akan membahagiakan orangtua. Saya berterimakasih kepada Keanu yang sudah kuat tangguh Mami menyesal mami minta maaf,'' tandasnya. 

Sebagai informasi, Angelina Sondakh resmi ditahan di Lapas Perempuan Jakarta pada 27 April 2012. Puteri Indonesia 2001 itu dipidana 10 tahun penjara atas kasus korupsi Wisma Atlet. 

Tak hanya hukuman penjara, mantan politikus Partai Demokrat itu didenda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. Selain itu, ibu satu anak tersebut harus membayar uang pengganti Rp2,5 miliar dan USD1,2 juta. 

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) awalnya menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider kurungan enam bulan kepada Angelina Sondakh pada 10 Januari 2013. Namun perempuan yang akrab disapa Angie ini mengajukan banding dan hukumannya bertambah hingga 12 tahun penjara. 

Lewat Peninjauan Kembali (PK), hukuman Angelina Sondakh dikurangi menjadi 10 tahun dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. 

Perempuan bernama lengkap Angelina Patricia Pinkan Sondakh itu bakal menjalani program Cuti Menjelang Bebas (CMB). ''Bahwa pada tanggal 3 Maret 2022, Angelina Sondakh akan dikeluarkan dari Lapas Perempuan Jakarta untuk mulai menjalankan program CMB sebagai klien Pemasyarakatan, dengan bimbingan lanjutan Balai Pemasyarakatan Jakarta Selatan selama 3 bulan,'x kata Kepala Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti dalam keterangannya. 

Selama menjalani pidana, Angie mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak 3 bulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor W.10-2598.PK.01.01.02 Tahun 2015 tanggal 14 Agustus 2015 tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015. ''Remisi dasawarsa diberikan kepada seluruh narapidana,'' katanya. 

Dia melanjutkan, Angline Sondakh dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program CMB sebesar remisi terakhir paling lama 3 bulan yang jatuh pada 29 Oktober 2021. 

Namun, karena Angelina Sondakh tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp4,5 miliar subsider 4 bulan 5 hari penjara, maka waktu CMB jatuh pada 3 Maret 2022. ''Proses pengeluaran Angelina Sondakh akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan,'' pungkasnya. (cr2)

#angelinasondakh
#lapasperempuan
#rutanpondokbambu
#kasuskorupsi
#masahukuman
#hukum
#korupsi
#apelwashington

Tidak ada komentar