Breaking News

Akhir Pekan, Yuk Cobain Soto-Soto Legendaris di Jakarta Ini

Foto instagram @sotohajiagusbarito

WELFARE.id - Indonesia memiliki ragam jenis soto. Penyebutannya berbeda di tiap daerah. Ada soto, soto mie, coto, tauto, sroto, caudo, dan lain sebagainya. Soto merupakan salah satu makanan favorit karena nikmat dimakan selagi hangat. Kuahnya yang segar, selain menjadi pelepas dahaga juga menjadi penggugah selera. 

Di Jakarta banyak penjual soto khas daerah masing-masing. Dapat ditemukan di pinggir-pinggir jalan hingga restoran yang nyaman. Beberapa bahkan sudah bertahan sejak puluhan tahun. Penasaran? Yuk di cek! 

1. Soto Mie Cemara 

Di dalam perumahan Green Ville, Jakarta barat kamu akan menemukan kuliner hidden gems. Berupa warung soto gerobakan yang selalu laris diantre pembeli. Warungnya dikenal bernama Soto Cemara. 

Jenis soto yang ditawarkan merupakan soto mie. Isiannya dilengkapi dengan daging, bihun, kol, dan tentu saja mi basah. Bedanya, sotomie disini tak menggunakan risol. Satu porsi soto mie di sini dibanderol dengan harga Rp12.000,- Untuk minumannya tersedia es kelapa dan es jeruk. 

Soto Mie Cemara
Jl. Perumahan Green Ville R No.61
Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telepon: 0877-770-499 

2. Soto Cawang 

Sesuai namanya, warung soto ini berada di kawasan Cawang. Lokasinya tersembunyi di dalam parkir bus dan mobil. Soto Cawang ini sudah ada sejak tahun 1952, karenanya disebut-sebut legendaris. 

Soto yang ditawarkan merupakan soto Betawi yang menggunakan racikan santan. Ada dua varian, yakni isi daging atau isi paru. Satu porsi sotonya dibanderol dengan harga Rp45.000. Meskipun lokasinya 'ngumpet' tetapi warungnya selalu jadi buruan banyak orang. Apalagi saat jam makan siang. Pemilik warung soto mengatakan bahwa sotonya bisa ludes dalam hitungan jam. 

Soto Cawang
Jl. Mayor Jenderal Sutoyo No.3.
Di dalam parkiran Mobil dan Bus (Samping UKI).
Telp: (021) 8002130 

3. Soto Yakub 

Soto Betawi yang nikmat rasanya juga bisa kamu dapatkan di warung bernama Soto Yakub. Warungnya berlokasi di kawasan Kebayoran Lama. Karena lokasinya yang berada di gang sempit, warung ini disebut-sebut sebagai kuliner hidden gems. 

Namun, itu tak menghalangi para pecinta soto Betawi untuk menyambangi warungnya. Kelezatan soto Betawi di sini memang sukses bikin ketagihan. Rasanya gurih dan aromanya yang wangi. 

Soto Yakub ini juga legendaris, karena warungnya sudah ada sejak tahun 1959. Warung mungilnya yang berada di dalam gang sempit tersebut mampu menampung pengunjung sebanyak 8 orang. 

Soto Yakub
Jl. Raya Kby. Lama No.12
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 7211265 

4. Soto Tangkar Dadang 

Di kawasan Tambora, Jakarta Barat, tepatnya di gabg Lamceng, ada Soto Tangkar Dadang. Soto Tangkar juga merupakan racikan soto khas Betawi. Tangkar sendiri adalah penyebutan iga sapi dalam bahasa Betawi. Soto Tangkar Dadang ini sudah ada sejak tahun 1978. Harga yang ditawarkan sekitar Rp25.000. 

Sejak pertama kali buka hingga saat ini, citarasa yang ditawarkan tidak pernah berubah. Rasanya lezat dan sangat autentik. Hal tersebutlah yang membuat para foodies rela blusukan ke dalam gang demi semangkuk soto. 

Soto Tangkar Dadang
Gg. Lamceng No.12
Tambora, Jakarta Barat
Telepon: 0817-850-223
Jam Buka: 07.00 - 15.30 

5. Soto Betawi Bang Mamat 

Di kawasan Pasar Baru ada gang sempit yang menuju ke arah Vihara Dharma Jaya, atau dikenal juga sebagai Klenteng Sin Tek Bio. Nah, di dalam gang tersebut kamu akan menemukan warung soto Betawi. Namanya Soto Betawi Bang Mamat yang sudah ada sejak tahun 1988. Oleh karenanya racikan rasanya sudah tidak diragukan lagi. Warung ini menawarkan aneka varian soto. 

Mulai dari soto kaki, soto babat, soto campur, soto ayam, soto mie dan juga soto Betawi. Isian sotonya juga dilengkapi dengan daging yang empuk dan juga jeroan. Satu porsinya dibanderol seharga Rp25.000. 

Soto Betawi Bang Mamat
Jl. H. Samanhudi Gang Klenteng
Pasar Baru, Jakarta Pusat
Telepon : 0815-7458-7056 

6. Soto Kaki Sapi Mencos H. Sarnadi 

Olahan soto Betawi milik H. Sarnadi ini cukup terkenal di daerahnya. Memiliki kuah kental berwarna kuning kecokelatan, soto ini dibanderal seharga Rp35.000 – Rp40.000. Rahasia soto yang sudah berdiri sejak tahun 60-an ini terletak didagingnya, yang direbus cukup lama menggunakan bumbu rempah sehingga menghasilkan tekstur daging jadi empuk nan kenyal dan rasanya juga meresap. 

Ditambah dengan potongan buah tomat segar yang dicampur dalam kuah soto, perasan jeruk nipis, dan irisan acar, soto kaki sapi ini makin terasa lezat! Apalagi dengan tambahan emping, kerupuk pink, dan irisan daun bawang, dijamin soto ini siap menggoyang lidah siapa pun yang menyantapnya! 

Soto Kaki Sapi Mencos H Sarnadi
Jl. Percetakan Negara No. 2C, Senen, Jakarta Pusat. 

7. Soto Kaki Sapi H. Agus 

Bagi kamu soto lovers yang tinggal di kawasan Jaksel, kamu bisa datang ke warung soto milik H. Agus ini. Warung kaki lima ini terletak di Jalan Barito I, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Walau terletak di pinggir jalan, cita rasa soto ini sudah dibuktikan banyak orang lho! 

Selain soto kaki sapi, kamu juga bisa menemukan sum-sum, jeroan, bahkan sop daging di sini. Berkisar dari harga Rp 28.000 – 56.000, warung soto ini jarang sepi pengunjung. 

Soto Kaki Sapi H. Agus
Jalan Barito I, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 

8. Soto Kaki & Daging Sapi Bogor H. M. Effendi 

Kuliner soto kaki sapi selanjutnya berada di Jl. Dr. Saharjo No.7, RT.1/RW.5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, tepatnya disebrang terminal Manggarai. Soto ini tersedia dalam dua jenis kuah: kuah santan yang gurih dan kuah bening. Apa pun jenis kuahnya, pastinya tetap enak! 

Selain soto kaki dan daging sapi, kamu juga bisa menemukan soto babat, soto paru, soto mie, sate ayam, dan sate kambing di warung ini. Untuk bisa mencicipi hidangan soto ini, kamu hanya perlu mempersiapkan uang sekitar Rp80.000 untuk dua orang. 

Soto Kaki dan daging Sapi Bogor H M. Effendi
Jl. Dr. Saharjo No.7, RT.1/RW.5, Manggarai, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850. (cr2)

#soto
#sotolegenda
#sotocemara
#sotocawang
#sotobetawibangmamat

Tidak ada komentar